Pages

Selasa, 29 Januari 2013

BIOGRAFI SYSTEM OF A DOWN

System of a Down (SOAD) adalah sebuah band beraliran metal yang berasal dari Amerika Serikat. Pada dasarnya aliran musik mereka adalah metal, tapi lagu-lagu mereka memiliki banyak variasi musikal. Gaya musik SOAD sebenarnya agak sama seperti band metal lain di era akhir 90-an. Cirinya adalah mempunyai gaya perpaduan antara underground musik metal dan musik alternative rock. Untungnya gaya neo-gothic alternative metal mereka berhasil diterima banyak orang dengan campuran ska, punk, ballads, hingga musik timur tengah.



Musik SOAD sangat original dan banyak pengamat musik mengatakan SOAD telah menciptakan aliran musik sendiri yang unik, keras, tapi enak didengar.



SOAD terdiri dari 4 personil, keempatnya berasal dari Armenia, tetapi mereka tinggal di Amerika Serikat. Mereka adalah Serj Tankian (vokal, keyboard), Daron Malakian (gitar, vokal), John Dolmayan (drum), dan Shavo Odadjian (bass). Sebelumnya, band ini bernama SOIL, dan berubah nama menjadi SOAD setelah John masuk menggantikan drummer sebelumnya. Serj dan Daron membentuk SOAD di wilayah selatan California pada pertengahan 90-an. Ketenaran mereka lewat promosi word of mouth rupanya cukup untuk menarik perhatian Columbia Records untuk menggaet mereka. Di tahun 1998 mereka merilis album perdana dan langsung tour dengar Slayer dan Ozzfest. Berkat tour itu, mereka mendapatkan predikat gold.

Serj Tankian

Lagu-lagu mereka terutama terkenal selain karena gayanya yang inovatif, dengan sentuhan musik Armenia. Selain itu isinya juga berisikan ide, pandangan-pandangan dan apa yang mereka rasakan. Serj Tankian sebagai anggota yang cukup menonjol, memaparkan ide-ide politiknya dalam lagu SOAD. Mulai dari kampanye rekognisi terhadap Genosida Armenia oleh pemerintah Turki yang terus mereka usung, hingga masalah sosial-politik seperti konsumerisme, perang, globalisasi, lingkungan, dan kekerasan. Selain itu, mereka menulis lagu tentang perubahan atau transformasi pemikiran mereka.

Kompas pernah menulis artikel tentang band ini dengan judul "Band Keras Anti Kekerasan". Pemikiran Serj cukup dipengaruhi oleh pengamat politik kiri AS, Noam Chomsky. Serj Tankian bersama Tom Morello, mantan gitaris Rage Against The Machine mendirikan LSM Politik dengan nama Axis of Justice (nama LSM ini merupakan plesetan sarkastis dari salah satu pidato presiden AS yang menyebut 3 negara sebagai Axis of Evil).

SOAD di tangan produser Rick Rubin berhasil keluar dan menunjukkan dirinya ke dunia. SOAD bukan band yang dibentuk karena industri. Mereka berempat memang dari asalnya sudah liar, sangar dan membentuk band yang menghipnotis dunia melalui gayanya. Musiknya sangat natural dan mengalir tanpa dibentuk-bentuk dan dituntut oleh kemauan pasar. Justru SOAD berhasil membuat pasar menyukai bahkan menggilai musiknya.

Bahkan lewat cengkok Armenia-nya itu menjadikan SOAD sebagai band yang tanpa tandingannya. Mereka sangat sukses di AS yang terkenal sangat rasis. Di album Mezmerize, Rick Rubin memperhatikan detail-detail kelebihan masing-masing dari diri Serj, Shavo, Daron, dan John sehingga membentuk orkestrasi maha dahsyat lewat lagu-lagu yang tercipta.

Lagu-lagu SOAD, yang mayoritas diciptakan oleh Daron dan Serj, banyak mengusung masalah sosial, politik, dan kelestarian lingkungan. SOAD adalah salah satu band di Amerika Serikat yang paling vokal menentang invasi pasukan AS ke Irak dan Afghanistan. Bahkan SOAD membuat banyak lagu yang isinya memprotes keras pemerintah AS pimpinan George Bush seperti lagu War, Chop Suey!, Soldier Side, Boom!!, BYOB, dll. Video Klip Boom dan BYOB menjadi video metal terbaik di MTV Music Awards 2004 dan 2005. BYOB (Bring Your Own Bomb) sangat jelas mengkritik Pemerintah AS dan sekutunya yang tidak berhenti membunuh orang yang tidak berdosa di Timur Tengah dan sangat jelas menyindir George  Bush yang menggunakan nyawa para tentara AS demi kepentingan negara.

Suite-Pee
Know
Sugar
Suggestions
Spiders
DDevil
Soil
War?
Mind
Peephole
CUBERt
Darts
P.L.U.C.K.

SOAD merilis album pertama, System of a Down, pada tahun 1998. Lagu-lagu yang membuat SOAD mulai dikenal di AS antara lain "War" (secara tegas menolak segala bentuk peperangan), "Sugar" (menjadi soundtrack beberapa game di AS), "Suite-Pee" (lagu yang kontroversial karena berbau SARA), dan "Spider". Cover album pertama adalah telapak tangan Serj yang seolah minta pertolongan.

Prison Song
Needles
Deer Dance
Jet Pilot
X
Chop Suey!
Bounce
Forest
ATWA
Science
Shimmy
Toxicity
Psycho
Aerials

Album kedua berjudul "Toxicity" dirilis 2001. Album inilah yang membuat SOAD dikenal luas di seluruh dunia. Single "Chop Suey!" sangat terkenal di kalangan penggermar musik, video klipnya diputar hampir setiap hari di MTv. Beberapa kalangan memprotes lagu ini karena sedikit menyindir tragedi WTC. Lagu lain yang dijadikan video klip adalah "Toxicity" dan "Aerials". Salah satu kalimat di lagu "Aerials" : "Life is a waterfall, we're one in the river and one again after the fall. Aerials, in the sky, when you lose small mind you free your eyes". Lagu lain adalah "ATWA" yang mengajak manusia menyelamatkan Air, Trees, Water, and Animals. Cover album ini adalah tulisan System of a Down di bukit Hollywood.

Chic 'n' Stu
Innervision
Bubbles
Boom!
Nuguns
A. D. D. (American Dream Denial)
Mr. Jack
I-E-A-I-A-I-O
36
Pictures
Highway Song
Fuck the System
Ego Brain
Thetawaves
Roulette
Streamline

Album ketiga berjudul "Steal This Album". Cover album ini cukup unik karena hanya ada tulisan "Steal This Album!!", di albumnya tidak ada lirik ataupun foto-foto. Album ini dirilis pada 2003 menanggapi pembajakan lagu-lagu mereka di internet. SOAD bukannya marah, justru menambahkan lagu-lagu baru dari album terbarunya ke website tersebut! Lagu "Boom!!" sempat menghebohkan Amerika dengan lirik dan lagunya yang menghujat George Bush.

Soldier Side - Intro
B. Y. O. B
Revenga
Cigaro
Radio/Video
This Cocaine Makes Me Feel Like I'm on This Song
Violent Pornography
Question!
Sad Statue
Old School Hollywood
Lost in Hollywood

Album keempat dan kelima dibuat berseri. Album "Mezmerize" keluar pada awal 2005, sedang "Hypnotize" dirilis akhir 2005. Covernya pun mirip, berupa gambar imajinasi yang dibuat oleh ayah Daron. Lagu yang paling terkenal dari 2 album ini adalah "BYOB" atau Bring Your Own Bomb. Lagu ini mengkritik pemerintah AS yang mengirim tentara ke Irak dan menyebabkan ribuan tentara AS mati. Video Klip "BYOB" menjadi the best metal video di MTv Music Awards 2005. Lagu ini adalah "Lonely Day', "Soldier Side", "Lost in Hollywood", "Cigaro", "Question!", dan "This Cocaine Makes Me Feel Like I'm on This Song".

Attack
Dreaming
Kill Rock 'n Roll
Hypnotize
Stealing Society
Tentative
U-Fig
Holy Mountains
Vicinity of Obscenity
She's Like Heroin
Lonely Day
Soldier Side

Album Hypnotize ini berisikan 12 lagu dan juga beberapa karya seni / artwork dari Vartan Malakian, ayah dari Daron Malakian. Cover albumnya di-desain untuk menjadi pasangan yang tepat buat cover album sebelumnya, Mezmerize. Menjadikan kedua album ini sebuah karya seni yang saling berhubungan. Hubungan antara 2 album ini juga terasa di cuplikan-cuplikan behind the scenes yang memperlihatkan proses pembuatan album ini. Kedua album ini, Mezmerize dan Hypnotize bakal terhubung secara musik dalam lagu Soldier Side Intro yang jadi lagu pembuka album Mezmerize dan Soldier Side yang jadi lagu terakhir di album Hypnotize. Album ini menyuguhkan irama rock bertegangan tinggi. Simak saja unggulan dari album ini yang bertitel Hypnotize berhasil menyihir telinga kita dengan raungan-raungan gitar yang cadas namun irama yang masih catchy.

John Dolmayan

Album sebelumnya yang bertitel MEZMERIZE sukses di pasaran. Buktinya singel B. Y. O. B. dan Question! terus bertahan di #1 di 12 negara dan ini menjadikan SOAD sebagai "the most innovative rock band" versi majalah rock kelas dunia, Kerrang!

Shavo Odadjian menjadi sutradara untuk video klip album Hypnotize. Video klip yang dishoot di Van Andel Arena (Grand Rapids, Michigan) ini sebenarnya merupakan proyek kedua Shavo setelah dia juga menyutradai video klip untuk lagu "Question!".

Shavo Odadjian

Setelah menggelar tour keliling Eropa dan melakukan tour gerilya di 9 kota AS. Salah satunya adalah penampilan mereka di California. Tepatnya di Long Beach Arena, California, SOAD menghadirkan pertunjukkan yang benar-benar rock and roll. Konser yang sold-out ini dibuka oleh Mars Volta yang punya penampilan gitar spektakuler, dan permainan visual yang manis dari proyektor. Bahkan ada yang bilang penampilan Mars Volta lebih berkesan lantaran lebih mengutamakan visual dan penampilan duet gitaris Omar Rodriguez-Lopez dan pentolan SOAD, Serj Tankian nampaknya jadi daya tarik sendiri, belum lagi mantan gitaris RHCP, John Fruistance yang secara mengejutkan ikut jamming bersama Mars Volta.

Saat SOAD konser, sudah pasti mereka membawakan lagu-lagu hits mereka macam "B. Y. O. B" dan "Revenga". Tetapi, SOAD tidak melupakan lagu-lagu lama karena mereka juga membawakan beberapa lagu dari album "System of A Down" dan album "Toxicity". Berbeda 180 derajat dengan penampilan band pembukanya, penampilan SOAD minim kelengkapan visual dan panggung dibiarkan kosong.

Penampilan yang "minimalis" ini sepertinya memang disengaja, karena niat SOAD dari awal adalah menampilkan pertunjukkan yang hanya rock music. Dan sepertinya pesan ini bisa ditangkap oleh para fans nya karena saat SOAD membawakan "Chop Suey!" bendera kebangsaan Armenia langsung mewarnai lautan penonton dan penggemarnya langsung membuat mosh pits.

Untungnya karena set minimalis tadi, SOAD bisa membuat fans nya konsentrasi total terhadap lagu-lagu yang SOAD bawakan. Lagu-lagu dari album Mezmerize benar-benar menjadi highlight malam itu, terutama saat SOAD membawakan lagu "Cigaro" dengan gitar akustik dan memainkan lagunya dengan versi yang menjurus ke klasik. Fans SOAD langsung menyalakan lighter dan mengacungkan tangan ke atas, yang tidak mempunyai lighters mengangkat HP mereka ke atas.

Serj Tankian ternyata sangat peduli dengan genocide. Genocide ini adalah pemusnahan etnik, agama, atau kelompok lain, contoh yang paling terkenal adalah genocide terhadap kaum Yahudi sebanyak 6 juta orang selama PD II. Kenapa Serj Tankian keukeuh untuk mendukung perealisasian UU ini?

Pada saat personil lainnya sibuk persiapan untuk shooting video klip terbaru SOAD, Serj Tankian malah ikut demo di Chicago. Serj Tankian ternyata sudah membuat janji dengan kakeknya yang berusia 17 tahun yang merupakan kebangsaan Armenia, kalau ia akan berusaha sekeras mungkin untuk meyakinkan anggota kongres, Dennis Hastert untuk merealisasikan Armenian Genocide Resolution. Perjuangan Serj Tankian untuk membuat resolusi ini diakui sudah dimulai sejak tahun 2000.

Serj Tankian bergabung dengan anggota dari Armenian National Committe of America, Armenian Youth Federation dan organisasinya yang bernama Axis of Justice dalam sebuah demo besar-besaran untuk memberlakukan resolusi yang nantinya akan mengakui peristiwa pembantaian sekitar 1,5 juta warga Armenia sejak tahun 1915-1923.

Daron Malakian yang lahir di LA, California pada tanggal 18 Juli 1975 sudah mendengarkan lagu-lagu dari musisi-musisi besar seperti Van Halen, Iron Maiden, Judas Priest, Motley Crue, Ozzy Osbourne. Namun 6 tahun kemudian ia mulai merasa sreg setelah mendengar musik-musik trash dari band-band seperti Slayer. Dari sini kemudian Daron mulai banyak bermain musik-musik beraliran Metal. Kemudian pada saat berusia 17 tahun ia mulai banyak mendengarkan musik-musik The Beatles. John Lennon menjadi influence terbesarnya dalam menulis lagu. Jika anda menyimak lirik-lirik lagu System of a Down, semuanya merupakan lirik-lirik bertema sosial, perang, dan kritik terhadap pemerintah.

Daron Malakian

Nama Daron Malakian diakui oleh para penggila musik-musik Metal, terutama di kawasan LA. Bahkan beberapa waktu lalu ia menempati peringkat ke-4 dalam polling gitaris terbaik versi majalah Metal Edge Magazine. Hal tersebut memang masuk akal mengingat sulitnya musik-musik beraliran Metal menembus angka penjualan yang fantastis. Terlebih lagi di Indonesia, mengusung distorsi tajam sangat kurang diminati pasaran, namun album terbaru SOAD bahkan bisa bertengger di posisi pertama puncak tangga-tangga lagu di beberapa media.

Di album "Toxicity", Daron menggunakan stem gitar drop D (turun 1 nada) kecuali senar 6 turun 2 nada. Mulai dari senar 1 sampai 6 urutannya : D, A, F, C, G, C. Tapi di album terbaru, ia memakai steman D#, A#, F#, C#, G#, C#.

SOAD membantah spekulasi yang menyebut bahwa mereka kini tengah diambang perpecahan karena adanya konflik antar personil, dengan mengatakan bahwa masing-masing anggota hanya ingin berkonsentrasi pada proyek sampingan mereka sendiri.

Buktinya, mereka masih konser di tahun 2011 lalu dalam festival musik metal dunia dengan jadwal yang sangat padat. Dalam sepekan mereka bisa tampil di 3 negara berturut-turut (keliling benua Eropa dan Amerika).

SOAD juga telah mengkonfirmasi jadwal konser mereka di tahun 2012, diawali dengan Soundwave Festival (Australia) pada Februari dan Maret dan dilanjutkan dengan Australian Headline Show. Di bulan Agustus 2012 SOAD akan tampil di Festival Heavy MTL & TO di Kanada.   

5 komentar: